Monday, October 31, 2011


I. Mengapa santri  perlu menulis
Menulis dikalangan santri, sangat jarang sekali  dilakukan, lebih-lebih pesantren salaf.  Maka dari  paradigma demikian  harus dihindari. Karena menulis merupakan warisan intelektual dari ulama-ulama  pada periode klassik. Ajaran islam pada masa klassik baik tasawuf, fiqh, ilmu kalam dan lain-lain  dapat kita pahami dan dipelajari karena lewat media tulisan.  Santri menuangkan pemikirannya dalam bentuk tulisan sangat dianjurkan.  Karena selama ini para santri  menganggap kemampuan membaca kitab merupakan puncak kesuksesan  yang sangat tinggi, sehingga tidak ada keilmuan lagi yang harus dikejar. Anggapan seperti itu haruslah dibuang  jauh-jauh, karena membaca kitab hanyalah kemampuan dasar untuk membangun teori, kitab kuning hanyalah sebagai fasilitas seorang santri untuk berkarya tentang keilmuan islam. 
            
Posted by Rokhimnet fuul On 3:02 AM No comments READ FULL POST

Friday, October 28, 2011

Sebenarnya untuk mengetahui pengunjung Blog secara detailnya dapat diketahui dari Dasbor.  Akan tetapi orang lain yang sedang mengunjungiblog kita, tidak mengetahui jumlah pengunjung blog yang kita punya. Kalau saya pribadi lebih suka lebih suka pakai trik dibawah ini, karena saya malas untuk masuk ke Dasbor. Jika anda mau triknya silahkan dicoba trik di bawah ini.

1. Daftar di sini
2 Klik menu Create Your Free Web Counter Now!
3. Selanjutnya anda akan dihadapkan beberapa fitur angka pengunjung, silahkan pilih salah satunya
4 Silahkan anda select tanda yang ada di text Use selected style & Go to Step 2:
5. Silahkan isi kotak regestrasi yang tersedia
6. Silahkan select tanda yang ada pada text Submit info & Go to Step 3
7. Silahkan  anda copy code yang telah tersedia, pada Blogger anda

Cara pasang code Amazing ke Blogger
1. Silahkan login pada Dasbor Blogger anda
2. Arahkan ke Rancangan

3. Pilih Elemen halaman
4. Tambahkan Gatget
5. Pilih Java Script, dan copykan codenya
6. Save
Posted by Rokhimnet fuul On 9:12 PM 1 comment READ FULL POST

Monday, October 24, 2011


Sebelum saya membahas tentang etika santri salaf saya akan terlebih dahulu membahas tentang moral dan etika. Dengan harapan para pembaca dapat memahami tentang apa yang saya maksud dari tulisan saya. 
Etika berasal dari bahasa yunani yaitu ethos yang berarti watak kesusilaan atau adat, sedangkan menurut istilah, banyak sekali para ilmuwan yang mengungkapkankannya menurut  pandangan masing-masing.  Tapi saya tidak perlu panjang lebar dan terlalu filosofis menjelaskan tentang pengertian etika . Menurut  pandangan saya  etika secara bahasa ialah sebuah ilmu yang membahas tingkah  laku manusia yang terpuji maupun yang tercela yang berdasarkan pemikiran dan akal manusia. Kalau ditinjau dari segi fungsinya, etika digunakan untuk menentukan suatu perbuatan yang dilakukan manusia mulai dari perbuatan tercela, terhormat, terpuji , bijaksana dan lain-lain. Dimana etika ini lebih mengacu kepada system nilai-nilai yang ada dimasyarakat.

adapun arti moral dari segi bahasa berasal dari bahasa latin, mores yaitu jamak dari kata mos yang berarti adat kebiasaan. Sedangkan moral secara detailnya ialah  sebuah  tindakan perbuatan dan penyesesuaian manusia yang berdasarkan pada adat istiadat lingkungana masyarakt sekitar, dan moral tentunya sangat buta  dari  system nilai-nilai. Boleh  jadi perilaku yang jelek dikatakan moral, bila mana menjadi suatu adat dikalangan masyarakat setempat.  Maka dari itu dalam tulisan saya nantinya sangat kaya dengan arti nilai-nilai, khususnya nilai-nilai yang ada di pesantren salaf.

Posted by Rokhimnet fuul On 8:50 AM No comments READ FULL POST

Thursday, October 20, 2011


Dinasti Ab-Basyiah adalah dinasti kelanjutan dari Dinasti Umayyah ( 661 M-750M) yang berkuasa pada sebelumnya, Al-Abbasyiah adalah  sebuah nama yang dinisbatkan terhadap paman Nabi Muhammad ( al-abbas bin Abdul Mutallib)karena pendiri dari pada dinasti ini adalah keturunan Al-Abbas Bin Abdul Mutallib (paman Nabi). Selaku kerabat yang dekat dari Nabi Muhammad tentunnya ingin mengemban kepemimpinan juga. Dari pihak Keluarga Al-Abbas semakin menjelma untuk menjadi penguasa ketika dari salah satu Keturunan umayyah menjadi pemimpin dengan cara yang curang yakni ketika muawwiyah menggugurkan Ali Kwj dari kekuasaannya  dengan cara yang tidak sehat, akan  tetapi dari Ab-Basyiah tidak mempunyai kesempatan untuk memberontak dari kekuasaan khalifah umayyah karena khalifah umayyah terutama muawwiyah sangat konsen memerangi para pemberontak dan para oposisi. Keturunan Ab-Basyiah mendapat peluang yang sangat besar mengembangkan dan menggerakkan revolusinya ketika pada kekhalifaan Umar bin Abdul Aziz (717M-720M), karena umar bin abdul aziz ialah seorang pemimpin yang sangat terbuka dan bijaksana terhadap semua oposisi , tapi meskipun demikian dari Bani Ab-Basyiah tidak memerangi maupun memusuhi Umar bin Abdul Aziz karena  sifat-sifatnyalah yang membuat takluk terhadap kekuasaan Umar bin abdul aziz. Gerakan-gerakan tersebut menyebar dan berkiprah pada khalifah-khalifah yang sesudahnya. Dan yang paling terpenting dan menjadi titik permasalahan sebab penyebab pemberontakan Bani Al-Abbas terhadap Umayyah ialah rezim Umayyah yang serta merta dan tidak sesuai dengan ajaran islam, hidup megah, poyah-poyah dan kurang peduli terhadap rakyat.
Posted by Rokhimnet fuul On 4:46 PM No comments READ FULL POST
Pada masa dinasti ini keilmuan umat islam, baik pengetahuan agama maupun umum, mengalami kenajuan yang sangat pesat, itu semua terjadi karena para khalifah  istana sangat antusias untuk mamajukan keilmuannya. Disamping itu  fasilitas pendidikan juga diberi dukungan yang sangat penuh dan para ilmuan baik ulama’ maupun para intlektual diberi gaji yang  layak sehingga  ia sanagat berkonsentrasi di dalam mengembagkan keilmuan. Dan berikut ini akan dipaparkan kemajuan-kemajuan keilmuan yang dicapai Dinasti Abbasyiah dan beserta tokoh-tokohnya yang berprestasi.
Posted by Rokhimnet fuul On 4:14 PM No comments READ FULL POST

Tuesday, October 18, 2011


I.Latar Belakang Abu Yazid Al-Bustomi
Dalam sejarah tasawuf abu yazid Al-Bustami ( Wafat 874 M) dikenal sebagai seorang pertama yang memperkenalkan ajaran fana dan dan Baqa’. Nama lengkap abu yazid Al-Bustami Thaifur Bin Isa Surusyan Al-Bustami. Ia lahir di daerah bustam (Persia) tahun 874-947 M. nama kecilnya Taifur. Kakeknya bernama sursuryan, seorang penganut agama Zoroaster. Abu yazid al-bustami berasal dari seorang yang sangat kaya, akan tetapi pola hidupnya tetap sederhana. Abu Yazid  mempunyai keistiewaan tersendiri sebelum ia lahir ke kedunia, menurut riwayat seorang ibunya, ketika abu yazid masih berada dalam kandungan, bila sang ibu makan dari  makanan yang masih diragukan kehalalannya ia langsung muntah.

Posted by Rokhimnet fuul On 9:05 AM No comments READ FULL POST

Monday, October 17, 2011

I. Saya Mengenal Kitab Kuning
Kitab kuning bagi saya sebelum terjun dunia pesantren,  sangat asing sekali . Karena saya dilahirkan di desa yang sangat terpencil, sebagian alumni pesantren di desa saya tidak bisa membaca kitab kuning, karena iapun  mondok di pesantren salafiyah yang tidak diajarkan ilmu Nahwu dan Sarraf.

Sebelum saya nyantri, saya anak pembandel yang tidak patuh perintah orang tua, orang tua saya setiap hari menyuruh saya untuk mengaji ke ustadz kampung, tapi saya tidak pernah menurutinya, karena bagi saya buat apa ngaji,  karena kalau saya lulus SMP saya akan nyantri, saya mau belajar murni di pesantren. Saya pun tidak bisa  ngaji dan membaca Al-Qur’an semenjak SD dan SMP, padahal di rumah saya ada mushallo sebagai tempat Tarawih dan Tadarus pada bulann ramadhan. Saya sangat malu sekali, selaku tuan rumah  tidak bisa  membaca Al-Qur’an.
Posted by Rokhimnet fuul On 6:04 AM 2 comments READ FULL POST

Sunday, October 16, 2011


1.  Periode rasulullah
Pada periode ini disebut kelahiran islam karena Rasulullah telah membawa agama yang baru yaitu islam dengan turun-Nya wahyu yang pertama Al-Alaq 1-5 kemudian turunlah wahyu yang kedua yaitu Al-Syua'ra 214- 216 yang memerintahkan nabi untuk berdakwah secara diam-diam, yang berjalan selama 3 tahun. Untuk tahapan yang berikutnya turunlah surat Al-Hijr ayat 94 yang menyeru kepada Rasulullah untuk berdakwah secara terang-terangan
Posted by Rokhimnet fuul On 7:29 AM No comments READ FULL POST

Saturday, October 15, 2011


1.Biografi Hasan Basri
Nama lengkapnya Hasan Bin Abil Hasan Al Basri, ia dilahirkan di madinah pada tahun terakhir dari kekhalifaan  umar bin khattab  pada tahun 21 H. asal keluarganya berasal dari misan, suatu desa yang terletak antara basrah dan wasith. Kemudian mereka  pindah ke Madinah.

Ayah hasan Al- Basri adalah seorang budak milik  Zaid  bin Tsabit sedangkan ,ibunya juga seorang budak milik ummu salamah, istri Nabi muhmmad. Ummu salamah sering mengutus budaknya untuk suatu keperluannya, sehingga hasan seorang anak budaknya sering disusui oleh ummu salamah. Dikisahkan bahwa ummu salamah sebelum islam adalah seorang yang  paling sempurna akhlaknya dan pendiriannya sangat teguh, ia juga seorang perempuan yang sangat luas keilmuaannya diantara istri-istri Nabi.

Posted by Rokhimnet fuul On 6:24 AM 1 comment READ FULL POST


1. Biografi Rabi’atul Addawiyah

Rabi’atul Addawiyah adalah seoorang sufi perempuan yang mengembangkan ajaran  Mahabbah Ia  sangat tersohor di Basra Ia lahir pada 714- 796M, semenjak kecil kehidupannya menjumpai keanehan yang sangat luar biasa. Ia diberi nama robi’ah oleh orang tuanya karena ia anak yang nomor empat. Ia dilahirkan dari keluarga yang sangat miskin. Diriwayatkan ketika ia lahir orang tuanya tidak mempunyai makanan dan secarik kain untuk robi’ah namun ibunya menyuruh kepada ayahnya untuk minta keada tetangga, sang ayah merasa keberatan karena ia pernah berjani kepada Allah untuk tidak meminta bantuan kepada  orang lain, dengan penuh keterpaksaan sang ayah berangkat juga, tapi sang tetangga tidak ada yang menghiraukan sama sekali, dengan demikian sang ayah merasa lega karena tidak melanggar janji kepada tuhan. Setelah sang ayah tidur dengan nyenyak ia bermimpi Nabi Muhammad bahwa putrinya kelak akan  menjadi seorang spiritual yang sangat terkenal. 

Posted by Rokhimnet fuul On 6:23 AM No comments READ FULL POST

Monday, October 10, 2011


I.Mengapa Saya Mondok dan Nyantri?
Ketika saya masih  SD orang tua saya udah merencanakan saya untuk di pondokkan ke pesantren  karena semua keluarga  saya alumni pesantren, dan sayapun tidak cenderung sama sekali menuruti kemauan kedua orang tua, pemikiran saya tentang pesantren sangat berbeda dengan kedua orang tua saya, pesantren bagi saya hanyalah mencetak santri yang hanya bisa ngaji dan sarungan, dan ketika menjadi alumnipun ia hanya bisa bertani dan bercocok tanam dan sebagainya. Sementara keinginan saya sekolah yang  setinggi mungkin paling tidak smpai tingkat SMA. 

Ketika saya SMP sekitar kelas 2 dan 3 saya mengusulkan lagi ke ibu untuk  melanjutkan ketingkat atas SMA, harapan saya suapaya saya menjadi orang yang ber wawasan dan tidak ketinggalan zaman,  karena di desa saya jarang sekali ditemui anak-anak terpelajar, akan tetapi orang tua tetap ngotot agar supaya mondok. Akhirnya saya memilih alternatif yang kedua yaitu mondok sambil sekolah akan tetapi ibu aku tetap tidak mau menyekolahkan aku dan menetapkan aku  untuk mondok saja tidak usah sekolah, karena kata ibu meskipun kamu sekolah tidak akan menjadi pejabat maupun guru, ibu aku berkata demikian atas beberapa pertimbangan, Pertama Lemahnya ekonomi di rumah karena orang tuaku hanyalah petani cengkeh, kelapa dan kopi sementara biaya sekolah sambil mondok besar sekali biayanya, kalau saya lihat nampaknya orang tua aku mampu untuk membiayai aku sekolah sambil mondok, tapi  kayaknya agak terlalu ngoyo-ngoyo  , Kedua asalasan ini yang membuat aku tidak berdaya, karena saudara sepupu aku sekolah sampai tingkat tinggi tidak menjadi pejabat maupun guru, bahkan dia menjadi kuli kakak saya yang hanya lulus SMP, sehingga dengan melihat fenomena itu ibu saya sangat jijik yang namanya sekolah, ibu lebih lebih bangga sayamenjadi santri yang belajar ilmu agama, bisa ngaji dan patuh terhadap orang tua. Akhirnya dengan penuh keterpaksaan saya menuruti kemauan ibu, saya pun mondok saja tanpa sekolah.

Posted by Rokhimnet fuul On 6:30 AM No comments READ FULL POST

Sunday, October 9, 2011

TARIQAT atau Tariqah merupakan intipati pelajaran Ilmu Tasawuf yang mana dengannya seseorang itu dapat menyucikan dirinya dari segala sifat-sifat yang keji dan menggantikannya dengan sifat-sifat Akhlaq yang terpuji. Ia juga merupakan Batin bagi Syari’at yang mana dengannya seseorang itu dapat memahami hakikat amalan-amalan Salih di dalam Agama Islam.

Ilmu Tariqat juga merupakan suatu jalan yang khusus untuk menuju Ma’rifat dan Haqiqat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Ia termasuk dalam Ilmu Mukasyafah dan merupakan Ilmu Batin, Ilmu Keruhanian dan Ilmu Mengenal Diri. Ilmu Keruhanian ini adalah bersumber dari Hadhrat Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang diwahyukan kepada Hadhrat Jibrail ‘Alaihissalam dan diwahyukan kepada sekelian Nabi dan Rasul khususnya Para Ulul ‘Azmi dan yang paling khusus dan sempurna adalah kepada Hadhrat Baginda Nabi Besar, Penghulu Sekelian Makhluk, Pemimpin dan Penutup Sekelian Nabi dan Rasul, Baginda Muhammad Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Alihi Wa Ashabihi Wasallam.

Posted by Rokhimnet fuul On 3:27 AM No comments READ FULL POST

Tasawuf dan akhlak merupakan  disiplin  ilmu dalam islam yang sangat erat sekali hubungannnya, dan tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain. karena ketika kita membicarakan akhlak apek tasawuf tidak bias dilepaskan.  Demikian sebaliknya jika tasawuf dibincangkan maka akhlak Menjadi hal utama yang harus bahas. Untuk mengetahui seberapa pentingkah hubungan akhlak dengan tasawuf mungkin kita dapat mengkaji pendapat-pendapat ulama sebagai berikut.

 الأخلاق بداية االتصوف والتصوف نهاية الأخلاق
Artinya:
Akhlak adalah pangkal permulaan tasawuf sedangkan tasawuf  batas akhir dari akhlak.

Posted by Rokhimnet fuul On 3:25 AM No comments READ FULL POST
1.Pendahuluan
Manusia sebagaimana yang disebutkan Ibnu Khaldun memiliki panca indra (anggota Tubuh), akal pikiran dan hati sanubari. Ketiganya harus bersih, optimal dan sehat sehingga dapat berfungsi secara harmonis. Maka untuk mengoptimalkan ketiganya tersebut dibutuhkan beberapa ilmu yang sesuai dengan fungsinya masing-masing.[1]

            Nah untuk mengoptimalkan dan membersihkan pancaindra ilmu fiqihlah yang sangat berperan dengan Thaharah (bersuci) karena ilmu fiqh banyak berurusan dengan dimensi eksetorik (lahiriah). Dan untuk mengoptimalkan fungsi akal pikiran diperlukan ilmu filsafat, filsafat lebih banyak menggerakkan, Meluruskan dan menyehatkan akal pikiran dengan cara berfikir kritis, karena filsafat lebih banyak berurusan dengan metafisika. Yang ketiga untuk membersihkan dan mengoptimalkan hati sanubari maka ilmu tasawwuflah yang ddigunakan karena tasawwuf lebih banyak berurusan dengan dimensi (esetorik) kebatinan manusia. Berikut akan diterangkan tentang pengertian tasawwuf.

Posted by Rokhimnet fuul On 2:19 AM No comments READ FULL POST
Pesrta tasawuf  didalam menjalani poses maqamt dah hal merupakan suatau jalan penggemblengan diri untuk menuju ma’rifah. Akan tetapi penggemblengan diri dengan maqamat dan hal tersebut tidak menjamin seorang sufi dapat mencapai tujuan ma’rifah, maka dari itu seorang sufi bila proses maqamat dan hal dapat mencapai tujuan harus melakukan beberapa metode yang baik, yaitu dengan niat memurnikan keimanan, melakukan taubat nasuhah dan melakukan ibadah secara terus-menerus; baik ibadah lahir maupun batin, khusus ibadah batin ( dzikir dan tafakur) harus diperkuat dengan emapat sikap dan perilaku; yaitu:
1.      Mengurangi perkataan (قِلَّةُ الْكَلامِ)
2.      Mengurangi makan(قِلَّةُ الطَّعَامِ)
3.       Mengurangi tidur(قلة المنام)
4.      Mengisolir tidur(الإعتزال عن الناس)



Posted by Rokhimnet fuul On 2:17 AM No comments READ FULL POST

I.Secara Harfiah maqamat berasal dari bahasa arab yang mempunyai tempat  berdiri   akan tetapi pada kelanjutannya oleh kalangan sufisme diartikan sebagai jalan yang sangat jauh yang harus ditempuh dalam rangka mendekatkan diri mendekatkan kepada Allah. Dalam bahasa inggris maqamat dikenal dengan Stages yang berarti tangga.

Tentang berapa tangga yang harus dilalui oleh para sufi untuk mencapai tujuan masih bersifat relatif karena ada kaitannya dengan pengalamannya para sufi. Dan diantaranya Al Ghazali dalam kitab Ihya Ulumudin membuat sistematika maqamat dengan taubat - sabar - faqir - zuhud - tawakal - mahabah - ma’rifat dan ridha. At Thusi menjelaskan maqamat sebagai berikut : Al Taubat - Wara - Zuhud - faqir - sabar - ridha - tawakal - ma’rifat. Al Kalabadhi (w. 990/5) di dalam kitabnya “Al taaruf Li Madzhab Ahl Tasawuf” menjelaskan ada sekitar 10 maqamat : Taubat - zuhud - sabar - faqir - dipercaya - tawadhu (rendah hati) - tawakal - ridho - mahabbah (cinta) -dan ma’rifat. Sedangkan menurut al-Sarraj Maqamat terdiri dari tujuh tingkatan yaitu taubat, wara’, zuhd, faqr, shabr, tawakkal dan ridha
.
Posted by Rokhimnet fuul On 2:15 AM No comments READ FULL POST

Bagi para pengunjung blog saya, mungkin mau berinteraksi. Silahkan isi komentar di bawah ini. Ya itung-itung untuk menjalan persahabatan antar blogger dan  saling bersilaturahmi lah????

Posted by Rokhimnet fuul On 2:12 AM No comments READ FULL POST

Saturday, October 8, 2011

Dakwah Nabi periode mekkah dan madinah tentunya berbeda sekali, karena mengingat situasi dan kondisinya brbeda, otomatis strateginyapun berbeda, maka dari itu kini kami sajikan bentuk ajran nabi periode mekkah yang mempunyai beberapa karekteristik.

1.      1.Tauhid
Pada peridoe ini dakwah nabi berisi ajaran tauhid, karena nabi pertama kali diutus oleh allah ditengah-tengah masyarakt mekkah, yang senantiasa meyembah selain allah dan mempunyai keyakinan tahayul, yaitu percaya terhadap barang-barang yang tidak masuk  akal. Maka dari itu nabi menyeru kepada umatnya agar supaya meninggalkan ajaran nenek moyang mereka dan menyembah kepada tuhan yang haq dan maha penguasa, tidak ada sekutu dan dan juga tidak di peranakkan.

Tentunya ajaran tauhid ini disertai dengan kabar berita, yaitu  pertama khabar  bahagia bahwasannya barang siapa yang berbuat baik akan mendapat  balasan yang setimpal, syurga sebagai hadiahnya. Yang kedua khabar ancaman bagi orang yang berbuat kejahatan, dengan neraka sebagai balasannya.

Dan ayat-ayat yang turun kala itu sering berbunyi hai orang-orang yang beriman, yang menyeru kepada umat manusia untuk selalu konsentrasi dengan ajarannya.

Posted by Rokhimnet fuul On 11:07 PM No comments READ FULL POST
  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Tips Seksual

Kesehatan Anak

Manfaat Tumbuhan Dan Buah Alami